Cara Memilih Ikan Koi Shusui Yang Baik

Ikan koi shusui merupakan ikan yang memiliki kemiripan dengan koi asagi, sehingga cara pemilihan koi asagi juga sama dengan pemilihan koi shusui. Pada dasarnya koi shusui memiliki sisik di sepanjang punggungnya saja, dan warna sisik itu berupa biru indigo atau nila.

Tentu untuk melakukan pemilihan ikan ini anda tidak boleh ceroboh, karena anda perlu mengetahui beberapa hal yang akan menentukan nilai dari ikan anda. Untuk anda yang penasaran akan cara memilih ikan jenis shusui ini, berikut langkah yang tepat sehingga anda mendapatkan ikan yang berkualitas tinggi.

Agar anda bisa membedakan saat memilih koi di tempat jual ikan koi, berikut ini pedoman yang bisa anda gunakan:

  1. Koi shusui memiliki warna biru indigo di sepanjang punggungnya, dan ini merupakan ciri khas dari ikan jenis shusui ini. Dari sinilah warna yang sering dijadikan patokan juri untuk memberi nilai, sehingg anda perlu memperhatikan area ini.
  2. Pilihlah ikan yang memiliki sisik punggung yang rapi, mulai dari bawah kepala hingga punggungnya.
  3. Pastikan pola sisik tersebut tidak berantakan dan ada sela, sehingga pola sisik terlihat rapi dan mulus.
  4. Tidak ada pola sisik lain diluar sepanjang punggung, apabila anda menemukan sisik yang ada diluar punggung maka akan membuat nilai Shuhui berkurang.

Hal yang bisa anda jadikan pertimbangan saat memilih koi Shusui adalah sama dengan melakukan pemilihan koi asagi, hanya saja anda harus lebih memperhatikan bagian yang tidak bersisik. Karena bagian yang tidak bersisik di bagian tubuh koi shusui sangat rentan akan bintik hitam, bintik hitam ini biasa disebut dengan jyami.

Ketika anda memilih ikan dan terdapat jyami atau kecacatan warna, hal ini akan mengurangi nilai keanggunan ikan koi anda. seperti yang kita tahu, bahwa penilaian kontes koi itu meliputi kondisi kesehatan tubuh, warna, dan gerak tubuh koi. Semakin anggun dan memiliki warna yang cerah dan baik akan membuat koi tersebut berpotensi menang, sehingga para penghobi koi harus benar-benar memperhatikan 3 aspek ini.

Author: administrator