6 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Bekerja

Di negara ini memang banyak wanita yang bekerja. Bahkan saat hamil Anda masih aktif bekerja. Hal ini tidak masalah, asal Anda bisa mengontrol dan membatasi diri dalam melakukan aktivitas. Ibu hamil harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Berikut tips menjaga kesehatan Anda yang bekerja.

  1. Memperhatikan Posisi Duduk

Anda harus memastikan diri dalam posisi duduk yang benar dan nyaman. Posisi duduk yang cenderung membungkuk ke depan saat memakai komputer bisa menekan perut. Pastikan tidak duduk terlalu dan bisa menyempatkan untuk berdiri, melakukan peregangan atau jalan kaki.

  1. Memakai Sandaran Kaki

Anda sebaiknya memakai sandaran kaki yang nyaman karena saat hamil sangat rentan terhadap masalah kaki bengkak. Jika di tempat kerja tidak ada sandaran kaki, And bisa menyiapkan bangku kecil yang bisa dipakai sebagai sandaran kaki. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih rileks meskipun bekerja sepanjang hari.

  1. Jangan Terlalu Lelah

Istirahat cukup juga sangat penting untuk ibu hamil yang bekerja. Anda harus bisa tidur cukup dan mengerti terhadap kondisi Anda sendiri. Saat berada di tempat kerja, jika sudah merasa lelah Anda bisa meminta izin untuk beristirahat sejenak. Hal ini sangat berguna untuk daya tahan tubuh Anda agar tidak jatuh sakit.

  1. Menjaga Asupan Makanan

Nutrisi cukup harus dipenuhi saat hamil. Anda bisa mengakalinya dengan membawa bekal dari rumah. Sebelum berangkat, Anda bisa menyiapkan aneka buah-buahan sebagai camilan saat di kantor. Hal ini juga berguna agar Anda tidak makan makanan sembarangan saat di tempat kerja. Selain itu, Anda bisa membuat menu makanan sehat yang simpel dan tidak butuh waktu lama.

Misalnya saja, Anda bisa membawa salad buah atau sayur, sandwich isi, atau makanan lain yang kaya nutrisi untuk kesehatan kehamilan Anda. Jika Anda tidak sempat membawa bekal, maka hal yang harus dilakukan yaitu selektif dalam memilih makanan yang akan dibeli. Usahakan makan siang dengan makanan yang sehat.

  1. Jaga Emosi

Stres juga berpengaruh pada kondisi janin Anda. Sehingga jangan sampai Anda mengalami stress, banyak pikiran, dan pusing sendiri. Anda bisa menganggap semua hal yang dilakukan adalah menyenangkan. Salah satu hal untuk mengurangi stres juga dengan melakukan hubungan intim. Anda bisa memilih gaya bercinta yang sesuai dan tentunya aman untuk kehamilan.

Stres yang berlebih bisa menyebabkan kontraksi kandungan Anda. Dalam beberapa kasus, juga berpengaruh pada tingkat keguguran. Usahakan pikiran Anda tetap rileks dan tanpa beban. Menyibukkan diri memang menyenangkan, tetapi harus dibatasi.

  1. Rajin Periksa Kandungan

Jangan lupa untuk rajin periksa kondisi kandungan. Anda harus tetap mengontrol dan tahu kondisi kandungan setiap bulan. Usahakan kondisi janin tetap sehat dan normal hingga masa persalinan tiba. Pilih dokter atau bidan yang terpercaya dalam menangani kandungan Anda.

Wanita yang bekerja tidak ada salahnya, namun jika kondisi Anda sedang hamil maka sebaiknya lebih hati-hati. Saat hamil, tidak hanya diri sendiri yang harus dijaga tetapi juga calon bayi. Sehingga Anda perlu menerapkan tips-tips menjaga kesehatan tersebut.

Author: administrator